Belakangan gw lagi pusing dan sedikit stres karena permasalahan pribadi. Ngga sengaja pas nonton film Nodame Cantabile, ada lagu Rachmaninoff muncul di sana. Gw emang bukan penggila musik klasik, tapi gw udah suka sama musik klasik sejak SD. Sayang emang gw ngga bisa maen piano karena ortu gw waktu itu bukan orang berada yang bisa beliin piano hehehe.

Cinta pertama gw akan musik klasik itu Schubert, kemudian berikutnya Bach, Handel dan Beethoven. Emang rada jarang ya anak SD udah suka musik klasik? Itu juga gara-gara gw yang kutu buku nemu musik klasiknya karena dulu gw sering utak-atik CD ensiklopedia di komputer, dan seketika itu juga langsung jatuh cinta sama Schubert. Alat musik yang paling gw suka itu Oboe dan harpsichord. Itu magic banget dah dua alat musik itu. Rasanya damai banget dengerinnya.

Nah, selain ada musik yang gw sukain, ternyata ada juga musik yang bener-bener ngga gw suka banget. Selain musik dangdut hahaha, musik klasik yang ngga gw suka itu adalah gubahannya Chopin dan Rachmaninoff.  Tanya kenapa? Karena lagu-lagu mereka itu njelimet, bikin stres gw. Ditambah lagi kebanyakan lagu-lagunya itu kayak lagu depresi gimana gituh. Coba deh denger karya Chopin yang Etude Op 10 No. 4 yang kedengerannya kayak orang lagi marah + mabuk sambil maen piano hahaha. Tapi yah emang sih orang yang bisa maen karya itu pastilah kelas pro banget. Ngga mungkin ada pemaen piano kacangan bisa maen karya Chopin Etude dengan mudah. Tuh tangan bisa bertransformasi jadi tangan gurita gituh pas maen karya Chopin hahaha.






Pokoknya gw dulu bener-bener anti sama musik gubahan Chopin dan terutama Rachmaninoff deh. Gara-gara film Nodame, gw ngga sengaja dengar karyanya Piano Concerto No.2 Op 18 in C Minor Movement 1. Awalnya emang kedengaran kayak depresi gimana, tapi makin lama dan makin lama jadi semakin bagus. Gw jadi kebayang sosok orang depresi yang entah gimana secara perlahan mulai bangkit dan kemudian maju menuju masa depan yang cerah.

Nah, seperti yang dikatakan di dalam film Nodame bahwa setiap lagu klasik itu dibuat mengikuti keadaan mental si komposernya saat itu. Seorang pemain musik klasik harus memahami betul dan menghayati keadaan mental si komposer sebelum memainkan musik karangannya. Gw pun browsing soal Rachmaninoff untuk mengetahui keadaan si komposer saat membuat lagu Piano Concerto No. 2 tadi. Gw jadi jatuh cinta beneran deh sama beliau huhuhu. Ternyata lagu Piano Concerto No. 2 itu diciptakan setelah dia mengalami depresi panjang akibat perekonomiannya yang hancur lebur, karya-karyanya yang gagal di dunia musik Rusia, dan juga karena pernikahannya yang tidak disetujui oleh semua pihak.






Dalam keadaan seperti itu, dia pun mengalami yang istilahnya sangat terkenal di dunia para penulis, yaitu WEBE dari kata WB alias Writers Block. Saking parahnya depresi yang dialami, Rachmaninoff pun pergi ke seorang psikolog yang akhirnya bisa mengakhiri WB-nya, dan dia pun langsung menciptakan Piano Concerto No. 2 yang juga dipersembahkan untuk psikolognya. Yang gw heran adalah pada Movement ke-2 nya itu rada-rada mirip sama lagu romantis disney yang ngga asing lagi, tapi gw lupa lagu siapa. Kedengerannya sediiih banget, tapi juga sekaligus romantis, seperti jeritan hati yang sedang merindukan seseorang >____<




6 Comments

  1. Menurut gua justru keren kalau suka musik klasik, pas masih sd pulaa, karena nih musik bagus buat merangsang pertumbuhan otak khan yaa?

    Kadang proses penciptaan sebuah karya seni itu emang bisa mengundang decak kagum yaa ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, makanya ane suka banget sama Rachmaninoff, padahal dulu ngga suka dia hahaha.

      Delete
  2. gua les piano klasik hampir 7 taon dan berakhir dengan....bosen hahaha. soalnya makin lama makin susah, waktu latian juga makin dikit, tiap les diomelin mulu ama gurunya hahahaha... skrg lagi mau dalemin jazz lagi nih, dulu cuma 3 bulan uda bubar jalan hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aiiiih cik mel kereeeeen....terusin atuh trus nanti maenin karya Rachmaninoff buat Freya hehehe :D

      Delete
  3. hua, freya familiar juga ya sama lagu klasik ya?
    aku gag begitu familiar dan gag ngerti juga, baru tau akhir2 ini nonton little einstein yang temanya tentang lagu2 klasik gitu.

    ReplyDelete
  4. kalo aku mah ikutan dengerin musik klasik gara2 istrinya kakak aku hamil, nah, trus dia kan semangat 45 tuh donlodin musik2 klasik begituh, dasar aku keponya kebangetan, aku ambilin tuh hasil donlodan dia. aku dengerin deh tuh, eh, tiduuuur ujungnya.>.<

    ReplyDelete

Don't be shy. Just say anything you want, but please don't spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...