Kalian pernah ngga sih penasaran tentang legenda-legenda tentang keberadaan hal-hal yang sebenarnya mempunyai bukti foto atau rekaman video, tapi oleh karena pikiran kita yang logis dan skeptis, kita jadi antara percaya ngga percaya sama hal-hal tersebut? Bagaimana dengan mermaid atau Putri Duyung?

Gw pake istilah 'mermaid' aja ya di sini, karena kalo di-Indonesia-in kan jadinya 'Putri Duyung' yang konotasinya jenis kelaminnya itu perempuan. Kalo misalkan pengen nyebutin yang jenis kelaminnya cowok, berarti sebutannya 'Pangeran Duyung' dong? Istilah 'Manusia Duyung' juga aneh banget kedengarannya. Ah, daripada ribet, mending ane pake istilah 'mermaid' yak.

Kemaren gw nonton film dokumenter tentang mermaid di Discovery. Jadi, ceritanya ada sekelompok nelayan yang nangkap ikan hiu di daerah Afrika Selatan dan pas dibelah, di dalam perutnya terdapat rangka tengkorak kepala yang bentuknya kayak semacam monyet atau manusia gitu. Karena inilah, rangka tengkorak ini dibawa ke penelitian sebuah universitas di Afrika Selatan untuk diteliti.

Semuanya ditelaah sampe ke detil-detil. Rangka tengkorak kecil-kecil yang terpencar disusun satu-satu. Kemudian, sirip aneh yang ada di perut hiu di-CT Scan. Orang-orang yang punya keahlian di bidang perikanan awalnya ngga nyangka kalo itu mermaid. Mereka pikirnya cuman 'binatang aneh spesies baru' yang ngga sengaja kemakan ikan hiu. Hingga akhirnya di satu titik, sewaktu mereka mencoba mencocokkan rangka tengkorak itu dengan rangka ikan pada umumnya, mereka agak sedikit desperate karena tetap aja semua formasi yang dicoba ngga cocok.

Tetapi ketika mindset mereka berubah kalo makhluk yang mereka teliti ini adalah mermaid, semuanya tiba-tiba jadi cocok. Rangka tengkorak yang terpencar itu dicoba disusun menjadi bentuk telapak tangan manusia, dan iya, semuanya cocok. Dari rangka panggul yang kayak manusia, rangka kepala. Semuanya.

Tengkorak kepalanya kemudian di-reka ulang, dan terdapat banyak perbedaan dengan manusia walaupun bentuknya ngga jauh berbeda. Pertama, bentuk tengkoraknya agak lebih besar di belakang yang mengindikasikan perkembangan bagian 'suara' di otak itu lebih besar. Kata orang yang ahli di bidang otak, kemungkinan mermaid ini kayak semacam ikan paus yang bisa berkomunikasi jarak jauh dengan gelombang suara.


MERMAID REKAAN PARA AHLI PENELITI DI DISCOVERY
MERMAID INI MEMILIKI MATA YANG LEBIH BESAR DARI MANUSIA
DAN MEMILIKI TONJOLAN DI TENGAH-TENGAH KEPALA
KERANGKA MERMAID YANG TIDAK MEMILIKI CIRI-CIRI INI KEMUNGKINAN HOAX




Setelah sebagian besar misteri terpecahkan, kira-kira pas hari minggu subuh ketika aktifitas kampus sedang libur, eh tiba-tiba datang polisi menyita semua penelitian mereka. Para ahli yang udah kerja keras itu yakin ini pasti kerjaannya pemerintah Amerika Serikat (para ahli peneliti itu warga negara asli AS). Lucunya adalah ketika mereka udah capek-capek penelitian di tengah-tengah samudera pasifik yang sebegitu luasnya, eh tiba-tiba krucuk-krucuk datang juga orang Angkatan Laut 'jemput' mereka di tengah samudera lautan itu dan menyita semua hasil penelitian.

Gw ngakak deh ngeliatnya. Ada-ada aja nih orang intel Amrik. Berarti kegiatan para scientists itu jangan-jangan dipantau pake satelit kali ya? Para ahli itu ya sudah pasti kecewa dan putus asa. Tetapi, mereka tetap ngga mau berhenti meneliti. Bukan berarti mereka itu orang bodoh juga kalo harus terus-terusan hasil kerjaan mereka disita melulu.

Jadi, mereka coba melakukan penelitian dari sudut yang berbeda. Kali ini lewat sejarah dan legenda. Katanya ada di daerah padang pasir errr.... gw lupa di mana. Kalo ngga salah dengar sih (yah soalnya film dokumenternya ngga pake subtitle, jadi gw cuman ngandalin kuping doang, plus pas nonton ada hujan guedeee banget, jadi sori kalo salah hehehe) itu adalah daerah yang dulu kerendam air laut, tapi kemudian jadi daratan. Dan di dalam gua ada gambar lukisan purba. Gambar itu melukiskan para mermaid yang diburu dan dibunuh oleh manusia. Berarti keberadaan mermaid itu udah ada sejak zaman dahulu kala. Kalo kata film dokumenter itu, udah ada sejak 1,6 juta tahun yang lalu.

Banyak juga penemuan akan mermaid dalam sejarah. Sori, gw lupa apa-apa aja, tapi yang masih keingat jelas kalo di jurnal Christopher Columbus pernah ditulis kalau beliau ketemu mermaid. Tapi ngga dijelasin kronologis pertemuannya di dokumenternya. Lalu, tiba-tiba para ahli dapat berita kalo ada beberapa anak remaja yang ngeliat bangkai mermaid di pinggir pantai daerah Amerika (gw lupa persisnya di mana). Katanya sih dia disidang sama orang-orang Angkatan Laut sampe-sampe si anak ngga mau lagi cerita-cerita soal penemuannya. Tapi ketika para ahli ini datang langsung ke rumahnya, dikasihlah video rekaman dari hape anak remaja itu yang ngga pernah dikasih unjuk ke siapapun juga. Ternyata bentuk bangkainya sama persis kayak yang pernah diteliti oleh para ahli.

Ujung-ujungnya di akhir film dokumenter ini, para ahli ini akhirnya maklum dan menerima kalo hal ini ngga usah diteliti lebih jauh dan merasa kalo tindakan pemerintah menyita penelitian itu sudah benar. Karena mereka sadar ketika mereka meneliti sejarah mermaid ini ke belakang, ternyata malah muncul banyak cerita dimana manusia memburu mermaid tersebut. Mermaid-mermaid ini harus tetap tersembunyi sampai kapanpun juga agar terlindungi kelangsungan hidup mereka. Di sini aja hewan-hewan punah tetap aja diburu dan dibunuh, apalagi mermaid yang konon dagingnya memiliki banyak khasiat seperti awet muda dan hidup abadi.

Ikan hiu aja banyak dibunuh gara-gara rumor siripnya bisa menyembuhkan segala penyakit (padahal menurut penelitian, sirip ini malah bikin tulang keropos secara signifikan), apalagi mermaid? Tujuan para ahli ini membuat video dokumenter itu adalah sebagai pemberitahuan kepada dunia kalo secara ilmiah, keberadaan makhluk legenda semacam mermaid itu ada loh. Jadi, jangan macam-macam sama ekosistem di laut. Istilahnya adalah untuk menjaga 'saudara' kita yang tinggal di laut agar mereka bisa tetap hidup. Jangan pernah over eksploitasi laut dengan menangkap ikan sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan dampaknya. Jangan mengotori laut. Jangan melakukan hal-hal yang dapat merusak laut (yang suka diving, jangan sentuh-sentuh karang laut atau makhluk laut lainnya. Yang suka berjemur di pantai, jangan sembarangan buang sampah di daerah pantai, terutama ke laut), dll.

Hal ini juga membuktikan bahwa makhuk-makhluk legenda lainnya juga kemungkinan ada. Contohnya bigfoot (kalo ane pribadi ngga percaya sih hehehe), alien (ini kayaknya udah terbukti secara ilmiah juga), Benua Atlantis (secara ilmiah juga sudah terbukti), Roro kidul (hahahahaha no comment), dll.

Tapi, jangan juga kalian semua sampe mati penasaran soal hal-hal di atas dan siapa tahu ada di antara kalian yang super miliarder berat sampe rela bayar orang untuk meneliti habis-habisan. Duh, jangan yah. Mungkin juga ini bukan porsi kalian untuk tahu masalah beginian demi kebaikan mereka dan kalian sendiri.

Kalian tidak diperkenankan untuk mengetahui hal-hal yang bukan bagian kalian. Jadi, jangan coba-coba melakukan hal-hal nekad untuk mengetahui hal-hal yang bukan bagian kalian. Ada bagusnya juga ada kalangan yang skeptis dan tidak mempercayai hal ini.






6 Comments

  1. mermaid emang salah satu makhluk yang sangat menarik ya. btw 'maid' kan juga mengacu ke perempuan. setau gua kalo kelaminnya laki, istilahnya jadi merman. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaaah akhirnya kena juga hahahha

      ane tau sih, tapi di film dokumenternya tetep bilang mermaid, ngga pake merman hahahahaha, jd ane kira mermaid itu mengarah ke spesies hmmm....

      Delete
  2. Kalau gua penasarannya ama peri, hahahaha :))

    ReplyDelete
  3. duyung ya, kalo manusia duyung kan cakep2 ye kalo difilm2, eh, aslinya, segede bage begitu. hihi..
    bener Frey, emeng kadang ada hal2 yang diciptain Tuhan yang ga bisa dicerna sama akal manusia.>.<

    ReplyDelete
  4. wooooowwwwwwwww :O ah frey barusan tau toko bukumu dibuka telaat pgn bukunya threes emiirrr

    ReplyDelete
  5. trus yang membuat putri duyung secantik ariel little mermaid itu berasal dari mana ya?

    ReplyDelete

Don't be shy. Just say anything you want, but please don't spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...