Waktu itu gw lagi nonton ulang anime kesukaan gw, 'Natsume Yuujinchou'. Di salah satu episodenya, film ini bercerita mengenai seekor anak burung yang jatuh dari sarangnya. Karena kasihan, seorang manusia datang dan menaruh burung itu kembali ke sarangnya yang ternyata di dalamnya ada 3 anak burung lainnya. Ketika sang induk burung kembali ke sarang untuk memberi makan pada anak-anaknya, terciumlah bau manusia yang menolong anaknya tadi. Entah karena bawaan atau naluri si induk burung, gw sendiri juga ngga ngerti, si induk kemudian langsung meninggalkan anak-anaknya karena sudah tercemar bau manusia.

Akibatnya, satu per satu anak-anak burung itu pun mati karena kelaparan. Walau mungkin gw udah nonton episode ini sekitar 3-4 kali, tapi tetap aja setiap liat bagian ini, ada perasaan bersalah yang terasa berat di dada. Gw sepertinya pernah menjadi si manusia dalam cerita tersebut hiks hiks >___<

Dulu sedari kecil, kami ngga dibolehin memelihara binatang sama sekali sama nyokap. Suatu hari di saat gw lagi kepengennya punya binatang peliharaan, tiba-tiba nongol seorang induk kucing membawa 2 anaknya yang masih kecil. Mungkin waktu itu umur gw sekitar 6-7 tahun. Gw lalu terus mengikuti kemana si induk dan 2 anaknya berjalan hingga sampai ke semak-semak dekat gerbang rumah. Beberapa lama kemudian, si induk malah meninggalkan 2 anaknya di sana. Gw waktu itu berpikir kalo si induk telah tega meninggalkan 2 anaknya. Saking gemasnya, gw langsung ambil salah satu anak kucing yang paling lucu dan membawanya ke dalam rumah.

Gw lantas membuat susu hangat (susu dancow biasa punya gw dulu) yang kemudian gw suapin ke mulut si anak kucing. Tapi entah kenapa, si kucing sama sekali tidak mau meminum susu dan hal itu membuat gw merasa kalau si kucing tidak lucu alias menyebalkan. Gw pun mengembalikan si kucing ke tempat semula dan melupakan niat semula untuk memelihara kucing tersebut. Gw pun sempat melihat-lihat kucing itu kalau-kalau nanti dia merasa kesepian dan kemudian berjalan ke tempat gw dan tidak menolak diberi makan lagi.

Tak lama, si induk kucing datang dan mengendus-endus kedua anaknya. Entah kenapa si induk mendorong si anak kucing yang tadi gw ambil dan kemudian pergi dengan anaknya yang lain. Gw bingung juga kenapa si induk kucing ninggalin salah satu anaknya? Mulai dari sini gw udah ngerasa bersalah, dan curiga kalo semua itu salah gw. Tapi setelah gw pikir-pikir lagi, gw sebenarnya sangat membenci kucing, dan gw lebih memilih memelihara anjing. Jadi, gw mulai berpikir untuk menenangkan diri sendiri kalo mungkin si induk akan datang menjemput si anak kucing. Gw pun kemudian masuk ke dalam rumah.

Dari arah kamar, gw sebenarnya masih mendengar suara meongan parau si kucing. Gw semakin ngerasa bersalah ngeliat si kucing terlantar sendirian di depan gerbang. Hari berlalu, dan keesokan harinya, batang hidung si anak kucing sudah tidak terlihat lagi. Gw merasa legaaaaa sekali dan melupakan perasaan bersalah yang sudah mengganggu dari hari sebelumnya.

Beberapa minggu sesudahnya, ada program kerja bakti di RT. Semua orang diwajibkan membersihkan got-got depan rumah tanpa terkecuali. Karena gw masih bocah, gw tentu cuman diijinin ngeliatin doang, walau sebenarnya gw sendiri kepengen nyebur di got dan maen-maen di sana hahaha. Gw ngelihatin sepupu gw keruk got depan rumah pake cangkul. Ngga cuman sampah-sampah aja yang keangkat, tapi juga lapisan cairan berwarna hitam yang berbau busuk, dan.....jeng jeng jeng....bangkai kucing hiks hiks  >___<

Orang-orang di sekitar kami lumayan heboh ngelihat bangkai itu. Banyak yang bilang kasihan, dan heran kenapa ada anak kucing yang sampai berakhir mengenaskan begitu? huhuhuhuhuhu >____<

Gw sama sekali ngga berani bilang soal anak kucing yang sempat gw ambil dan gw telantarkan. Pikiran gw mencoba menipu hati nurani gw bahwa ada kemungkinan bangkai kucing itu adalah anak kucing yang lain. Mungkin. Entahlah. Tapi, tetap aja gw ngga bisa bohong akan rasa bersalah yang tetap menghinggapi gw. Dari situ, gw ngga mau lagi mencoba peduli sama binatang huhuhu. Dan gw ngga akan pernah mau memelihara kucing huhuhuhu. Never.



6 Comments

  1. Kucing itu nggak bakalan minum susu yang diminum oleh manusia kebanyakan. Ada susunya tersendiri... Soalnya sistem pencernaan kucing itu berbeda dengan sistem pencernaan manusia... Agak berat buat mereka mencerna susu yang biasa kita minum yang kandungannya jauh lebih berat.

    ReplyDelete
  2. Oh gituh toh. Dulu ane sering kasih susu biasa ke anjing juga hahaha

    ReplyDelete
  3. waahh.. baru tau, ternyata bisa seperti itu ya?

    ReplyDelete
  4. wui, baru baru tau aku kalo uda terjamah manusia si induk ga mau ngakuin anaknya. dikira dia anaknya uda berubah jadi anak manusia kali ya. hohoho..
    kalo gue mah dari dulu ga pernah beres tuh kalo punya peliharaan. pada mati semua, yang burung, yang ikan, yang kelinci. kalo kucing mah, aduh, sori2 to say, makasih deh, geli2 gimana gitu. pegang aja gemeteran kok. hoho..

    ReplyDelete
  5. aku juga malah baru tau ahahaha :D

    ReplyDelete
  6. oya gitu ya frey?
    duluuu banget, ade2 ku doyan miara kucing.
    bareng sama induk dan anak2nya.
    si anak kucing sering kok kita pegang2 dan si induknya masih tetep balik ke anak2nya.
    atau engga ya? *udah agak lupa

    ReplyDelete

Don't be shy. Just say anything you want, but please don't spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...