Di suatu petang, seseorang tiba-tiba bercerita mengenai salah seorang rekan yang lumayan dekat dengan gw, yaitu seorang bapak tua yang anak terbungsunya seumuran dengan gw. Gw sendiri merasa pribadi bapak ini menyenangkan dan baik luar biasa. Dia seperti sosok ayah impian yang ngga pernah gw miliki, karena *sigh* bokap gw bener-bener beda jauh dengan dia hiks hiks >___<. Terkadang gw terharu karena dia memperlakukan gw kayak anaknya sendiri, padahal gw cuman orang asing buat dia.



Dia sering cemas sama kondisi gw, trus ngga jarang juga dia ceramahin gw. Jujur aja gw ini anaknya susah banget dibilangin karena seumur hidup gw hidup dengan orangtua yang selalu ngga puas sama anak-anaknya. Dulu gw kerjanya diomelin mulu hingga efeknya pas segede ini, saking muaknya kena omel mulu, gw jadinya paling alergi didikte-dikte, apalagi diceramahin orang, terutama banget kalo yang ceramahin gw itu orangtua sendiri. Habisnya sih ortu gw orientasinya tuh selalu ke kehormatannya sendiri, selalu ke bagaimana pandangan orang lain terhadap mereka, sedangkan gw jenis orang yang menganut aliran who cares, so what?! religion.

Gw selalu dibilangin kalo gw ngga bisa begini atau begitu kayak si A, B, atau C yang udah sukses, yang udah meritlah, dan punya anak. Gw dibanding-bandingin, dihina-hina, trus gw kemudian dipaksa melakukan hal yang mereka inginkan. Mereka ngga pernah tanya, gw maunya gimana. Dari dulu, bahkan sekolah dan universitas aja mereka yang paksa. Sekarang pekerjaan juga mereka yang paksa-paksa, gw capek kalo gini. Jangan-jangan sampe pasangan hidup juga, mereka bakalan paksa gw?

Makanya, gw bener-bener kagum sama bapak ini karena dia sama anaknya udah kayak teman sepantaran. Ngobrolnya ngga kayak antar ayah-anak, tapi kayak teman abg yang kadang suka gosip, dan saling memberi pendapat maupun kritik satu sama lain tanpa ada 'tekanan' otoritas dari peran sebagai 'ayah' bahwa si anak harus mendengar dan menuruti apa kata si ayah. Beda banget sama ortu gw, makanya gw ogah ngobrol ama ortu, apalagi meminta nasehat atau curhat. Yang ada malahan gw dipaksakan untuk melakukan apa kata mereka, padahal omongan mereka belum tentu baik dan benar. Tapi, kalo gw ngga nurutin apapun kata mereka, gw diteriakin kek seolah-olah gw orang paling berdosa sedunia karena berani ngelawan ortu. Hiii ogah dah. Memang solusi satu-satunya ya ngga usah ngomong sama mereka sama sekali. Begitu keliatan 'atmosfir' kalo mereka mau ceramahin gw, gw biasanya langsung kabur ke kamar.

Tapi anehnya, mengingat sifat gw yang ngga suka diceramahin orang, gw ngga pernah 'lari' kalo diceramahin bapak ini. Ngga jarang juga gw malah ujung-ujungnya jadi curhat sama bapak ini dari masalah keluarga, pendidikan dan masa depan (tapi ngga pernah curhat soal yang pribadi banget sih kayak cinta hahaha).

Gw yang sering cemas dan bingung soal masa depan, kemudian dikuatkan dan didukung oleh bapak ini hingga gw bersemangat dan berjuang lebih tangguh lagi. Gw pernah bilang ke dia kalo sebenarnya gw pengen belajar dan bekerja di negeri paman sam, tapi gw takut ortu ngga setuju dan kemudian karena itu, gw hidup terlunta-lunta di negeri itu lantaran ngga ada dukungan finansial dari ortu. Tapi, bapak ini dengan tulus menawarkan agar gw tinggal bersama keluarganya, yaitu istri dan anaknya yang sekarang tinggal di sana. Gw terharu banget.

Oia soal berita yang gw denger dari temen gw tentang bapak ini tuh kek gini. Konon sekitar 6-8 bulan lalu, ada seorang teman (sebutlah namanya X) yang meminta untuk diajarkan perihal pekerjaan yang sudah digeluti oleh bapak ini selama berpuluh-puluh tahun. Bapak ini kemudian menjawab, "Ah, saya juga masih belajar kok." Nah, si X tersebut ngerasa kalo arti kalimat bapak tadi itu seakan-akan merendah untuk meninggi, dan selanjutnya si X 'menyindir' habis-habisan yang akhirnya berujung cekcok mulut di antara keduanya.

Gw S.H.O.C.K.E.D.

Whatthehell deh si X cuman karena hal sepele begini jadi hancur hubungan baik dengan bapak tadi. Tapi, X membela diri. Katanya bapak tadi emang sombong karena selalu dan selalu mengungkit-ungkit soal semua anggota keluarganya yang tinggal di negeri paman sam seolah-olah itu adalah hal paling hebat sedunia.

Tapi, gw pikir-pikir itu kan' wajar kalo bapak itu selalu sebut-sebut soal keluarganya karena dia sedang berada di kondisi yang tak normal dimana dia sekarang tinggal sendirian di Indonesia tanpa siapapun di sampingnya. Ya pastilah dia sering sebut keluarganya karena dia kangen sama mereka. I mean, he's an old man. Tauklah kek gimana orang yang udah tua itu. Mereka pasti clingy bener sama keluarganya. Wajar kalo dia kesepian.

Lagipula, mana ada orang di dunia ini yang tidak kesepian kalo hidup sendirian dan tinggal jauh dari orang yang dicintainya. Ini bukan soal si negeri paman sam-nya, tapi soal keluarganya yang tinggal jauh dari dia. Dalam hati sih gw berpendapat kalo temen gw ini mungkin sirik ama si bapak itu, makanya dia menganggap kalo bapak ini tukang pamer. Coba kalo misalkan keluarga bapak tadi tinggal di Papua, pasti deh si X ngga bakal mikir kalo si bapak itu tukang pamer.

Ah, manusia sekarang itu aneh-aneh... Chill down, Man!



3 Comments

  1. hm... ini pendapatku adja ya say, mohon maaf, ga ada maksud apa2.

    segala sesuatu yang ada di dunia ini, sudah ada jalan takdirnya masing2.
    ada orang jahat, ada orang baik.
    di sekeliling si orang jahat, belum tentu jahat semua, begitu pula sebaliknya.
    Tuhan gag asal2an menempatkan kita ke keluarga ber-ibu kan si A, ber-bapak-kan si B, bersaudara-kan si C, D, dsb dan dipertemukan dengan si Z, semuanya ada maksudnya dan ada jalannya.

    Ortu kamu kayanya hanya menjalankan tugasnya aja untuk memberi pandangan dan pendapat,tentang apa yang menurut mereka mungkin terbaik untuk kamu kok :). Ya dimaklumi adja. Tapi ya mungkin mereka lupa menanyakan pendapat kamu tentang pilihan2 yang mereka sodorkan ke diri kamu. Dan mungkin mereka sama sekali ga tau feedback kamu tentang pilihan2 mereka.

    Sekedar saran *yang emang gampang diucapkan*, bangun dan latih komunikasi dengan ortu untuk duduk bareng2 untuk ngobrol2 santai, baru nanti suasana kondusif mulai pembicaraan yang serius.
    kalo saya sih ya, prinsipnya : mana gua tau kalo lu ga bilang.

    Nah ortumu kayanya udah bilang apa yang mereka mau, tinggal kamunya mengkomunikasikan pendapatmu dengan ortu dengan sikap yang lebih dewasa :)
    you're a good-mature-girl kok :)

    saya juga lagi belajar untuk membangun dan melatih komunikasi secara lisan *bukan via sms atau media tulis lainnya* untuk mengemukakan pendapat ke ortu *alias mertua* dan gurunya adalah suami saya :).
    jadi saya bukan expertnya.

    semangatttt freyaa !

    maaf yoo kalo kurang berkenan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha tenang, ane bisa dibilang sekarang tuh dalam fase 'menerima takdir' dalam artian, ane malas bikin sesuatu yang menyulut emosi orang lain. Ane udah bilang apa mau ane, tapi ada aja orang yang tidak mau tahu dan harus melalui jalan panjang dulu, baru dia bisa menerima pendapat orang lain. Tapi, makin hari segala sesuatunya memang semakin baik kok, dan itu yang ane percaya. Kalo dulu jauh lebih parah dari ini hahahaha.

      Delete
  2. kalo boleh sotoy ni ye, cara masing2 ortu ngungkapin sayangnya ke anak2nya itu beda. mereka cuma pengen mastiin yang terbaik buat kamu, ya emang siy, belom tentu bener2 baik ujungnya, tapi seenganya mereka perhatian kan, daripada dicuekin, semau2 lo deh, mau gini terserah mau gitu terserah. hoho..
    tapii tapiii sebel juga siy kalo didikte mulu, kek ga percaya gitu ye sama pilihan anaknya. hahahhaa.. begitulah orang tua, tar kita juga ngalami fase kek gitu. uhuuuuy.. semangaaat Freeey..

    ReplyDelete

Don't be shy. Just say anything you want, but please don't spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...