Seringkali kalau kita belanja, entah karena kebanyakan duit atau lupa atau malas, kita jadinya ngga ngecek belanjaan kita lagi di struk belanja. Gw dulunya ngerasa bahwa ngga perlu lagi ngecek-ngecek struk belanja karena gw percaya bahwa kasir-kasir yang dipekerjakan di berbagai supermarket atau minimarket tersebut adalah orang-orang profesional dalam pekerjaannya. Selain mempertaruhkan pekerjaannya, mereka juga mengusung nama baik tempat mereka bekerja. Jadi, wajar dong kalo gw pikir bahwa tidak akan ada masalah. Tapi, ternyata gw salah.

Bukan cuman 1-2 kali doang gw bermasalah sama kasir, tapi sering. Gw juga ngga tahu apakah karena gw nya yang sial, atau human error semata. Pernah suatu hari gw cuman belanja 1 botol air minum dan 1 roti doang di minimarket yang terkenal ada di mana-mana. Dengan jumlah belanjaan yang sedikit, gw tentu udah bisa memperkirakan gw harus membayar berapa, dan gw kaget karena gw harus membayar lebih. Setelah gw dikasih struk belanjaannya, ternyata di dalamnya dimasukkan tagihan koran ngga jelas entah apa namanya (yang namanya aja ngga pernah gw dengar seumur hidup, koran yang mungkin ngga eksis ada?). Gw heran aja kenapa hal sesimpel itu doang si kasir bisa melakukan kesalahan? Apakah ada sebuah konspirasi atau gimana?

Gw maklum kalo misalkan si kasir itu lagi sibuk membuat pembukuan atau ada tugas lainnya ketika menghitung belanjaan gw hingga akhirnya membuat kesalahan, tapi dia jelas-jelas sadar kok kalo gw cuman belanja 2 biji doang. Bahkan, cuman gw satu-satunya yang lagi belanja di sana. Ataukah dia emang sengaja mengambil kesempatan dalam kesempitan karena dia ngelihat gw lagi buru-buru? Ditambah lagi itu koran yang sama sekali ngga pernah gw dengar. Kalo misalkan koran komp*s atau media ind*nesia mungkin gw ngga akan merasa janggal kalo itu sepenuhnya human error, tapi ini malah koran yang bener-bener ngga jelas sehingga gw merasa ada rekayasa di sini. Untungnya gw masih bisa meminta pertanggungjawaban karena gw belum sempat meninggalkan minimarket tersebut.

Seperti baru-baru ini gw belanja di salah satu supermarket besar yang biasanya ada di Mal-Mal terkemuka. Gw sebenarnya ngga suka belanja, makanya kalo sekali belanja gw langsung sekalian belanja banyak yang bisa untuk memenuhi kebutuhan selama 2-3 bulan sekaligus. Mungkin karena udah malam dan gw udah capek banget, jadi gw ngga sempat lihat lagi struk belanja. Baru besok paginya gw lihat struk belanjaan karena gw harus mencatat hasil pembelanjaan gw. Gw kaget ketika menemukan satu barang di dalam struk yang gw yakin banget ngga gw beli.

Terus gw coba positive thinking. Gw pikir mungkin secara ngga sadar gw masukkin barang itu ke dalam trolley dan gw sama sekali lupa. Terus gw cari-cari di tempat belanjaan, barang itu emang ngga ada. Aneh kan'? Masa sih si kasir yang menyelipkannya?

Di kesempatan lain, gw kurang lebih mengalami hal yang serupa, tapi kebetulan karena belanjaan gw hanya sedikit di minimarket, jadi masih bisa dikembalikan uangnya.

Emang sih harga barang-barang yang diselipkan itu ngga seberapa. Koran itu hanya seharga 8 ribu, dan barang yang di supermarket besar itu sekitar 10 ribu. Tapi, bayangin aja kalo mereka melakukan hal yang serupa pada semua konsumen dalam sehari. Katakanlah ada 1000 konsumen tiap hari. Berapa tuh yang mereka bisa dapat? Lumayan banyak kan'?

Lain kali harus periksa struk setelah berbelanja karena kesalahan seperti ini sangat mudah ditemukan dan diminta pertanggungjawabannya selama struk belanja masih ada di tangan dan kita belum meninggalkan tempat belanja.


10 Comments

  1. gua juga pernah ngalamin dalam struk itu ada kelebihan 1 dus mie instan, huahahahaha.. untungnya juga iseng ngeliat2.. yang bikin gua heran (plus curiga :p) karena pas gua ngeklaim di bagian customer service, petugasnya itu ngga ngerasa perlu ngecek barang belanjaan gua lhoo.. yang bikin gua jadi bertanya2, jangan2 emang sengaja tuhh dimasukkan belanjaan melebihi barang yang sebenernya dibeli konsumen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kaaaan. ternyata bukan cuman gw yang kena. ada monspirasi kayaknya ya? harus hati-hati nih kita.

      Delete
  2. kalo belanja dimanapun emang kudu mesti tuh ngecek... daripada kitanya rugi kan...

    ReplyDelete
  3. Gw bingung, gimana barang itu bisa dicharge? Apakah inputnya manual dengan memasukkan kode lewat keyboard? Soalnya kalau discan kan keliatan pas barangnya discan (terutama kalau belanjaannya sedikit). Tapi biasa gw awasi pas dia ambil barang dari keranjang belanjaan.
    -fi-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, makanya itu....ane juga bingung. konspirasi?

      Delete
  4. kalo saya pernah tuh di alpam*rt deket rumah. tiba2 dia masukin barang apa gitu yang jelas2 gag saya pilih apalagi bawa ke kasir. trus saya tanya, "mbak, saya gag beli itu!"
    kata kasirnya, oh ini lagi promo bu, jadi beli A hadiahnya ini. owwww.... ini menguntungkan.

    pas ke tempat yang sama, saya kali ini merhatiin barcode harga yang dipajang di rak etalasenya, kalo beli B gratis C.
    trus saya ke kasir, eh kasirnya malah gag inget kalo beli B gratis C.
    saya suruh aja cek lagi, dan saya bener.

    pernah juga, beli selai untuk roti. saya ngebanding2in harga yang branded sama produk yang berlabel minimarket itu. dan harga minimarket itu memang lebih murah. kalo gag salah cuma 14.500an gitu deh.
    tiba2 pas dikasir jadi 17rb an. Lah? piyeee?
    saya ngamuk2 lah sama kasirnya. saya bilang, saya pilih brand itu karena harganya sekian, bukan yang tertera dimesin kasir itu.
    ternyata eh ternyata si pegawai salah naro barcode harga di rak. itu harga untuk periode sebelumnya. Trus salah customer gitu?!
    keseeelll banget walau akhirnya saya bayar juga karena saya butuh selai itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha yg td ane bilang ada koran gajelas itu juga di tempat yg sama loh. ane kurang suka belanja di sana. pertama, barangnya suka ngga komplit. kedua, yg td ane bilang kasirnya suka ceroboh itu ya kalo ane belanjanya di sana.

      Delete
  5. waduh, aku slebor banget lagi jadi orang, kagak pernah ngecek itu antara struk sama barang yang dibeli. Walah, mesti ati2 nih, sebelum meninggalkan kasir, cek dulu ye. makasiiy infonya frey. hohoo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane juga dulu kek gitu, tapi sekarang jadi hati2 banget deh.

      Delete

Don't be shy. Just say anything you want, but please don't spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...