Selama ini gw sering banget mengalami hal-hal yang aneh dan juga kebetulan-kebetulan yang aneh (cuman yah...gw sering ngga share di sini hihihi...). Seorang teman gw juga pernah bilang, "There is no such a thing called coincidence. It's just a mere fate arranged by God."

And somehow I believe it, karena our Almighty God itu pinter banget bikin skenario. Jadi, 'kebetulan' yang gw alami hari ini udah sering kejadian beberapa kali sebelumnya dimana gw lagi bergelut dengan suatu masalah yang gw kepikiran terus atau ketika gw lagi melakukan hal yang tidak semestinya, dan BAM!!! Pas gw ibadah gereja minggu, hal itu diomongin sama pendetanya dalam khotbah. Sering kali gw jadi merasa ditegur langsung sama Tuhan, terutama kalo pendetanya langsung ngeliat ke arah gw ketika lagi ngomongin hal yang sensitif buat gw (seolah-olah pendetanya kayak tahu kalo yang lagi diomonginnya itu gw).

Ibadah hari ini temanya mengenai 'Pertandingan Iman'. Pendetanya bilang, semua orang kristen itu diwajibkan untuk mengikuti perlombaan yang disiapkan oleh Tuhan (panutannya ada di Ibr 12:1). Ada banyak hal di dalam hidup kita yang tanpa kita sadari adalah merupakan sebuah perlombaan atau pertandingan untuk kita. Salah satu di antaranya adalah memaafkan orang lain (dalam hati gw langsung bunyi 'Jleb' pas itu).

Seperti di dalam Doa Bapa Kami yang diajarkan Tuhan Yesus:


"Ampunilah kesalahan kami seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami."

Di bagian itu dijelaskan bahwa cara kita memperlakukan orang lain menjadi ukuran parameter akan bagaimana Tuhan memperlakukan kita. Misalnya, si A memaafkan si Z, tapi si A ngga mau ketemu lagi sama si Z. Tuhan juga akan sama pula pada A. Tuhan memaafkan si A, tapi Tuhan ngga mau ketemu lagi sama si A. Ada yang mau digituin ama Tuhan? For your information, si A itu gw bangeeeeeet. Ada banyak orang yang buat kesalahan ama gw pada akhirnya gw cuekin dan gw jauhin walau gw udah ngomong empat mata dan baikan sama mereka.

Ada banyak alasan untuk hal itu. Ketika gw mengetahui perangai asli seseorang, atau kasarnya 'kebusukan' mereka, gw jadi takut berteman dengan mereka. Gw takut merasa kecewa lagi dan disakiti lagi. Dan yang paling gw takutkan lagi adalah perlakuan gw ke mereka nantinya ke depan. Yang jelas gw udah kehilangan respect buat mereka, dan hal ini bisa mengakibatkan perkataan atau perlakuan kasar yang akhirnya memicu pertengkaran dan sakit hati buat semua pihak yang bersangkutan. Ujung-ujungnya kan gw jadi nambah dosa kalo gw berteman lagi sama mereka. Niatnya buat ngurangin dosa, eh malah jadi nambah dosa. Ya jelas dong gw lebih milih jauhin mereka.

Tapi setelah ditegur oleh khotbah tadi siang, gw jadi mikir kalo yang gw lakuin itu salah. Gw juga sebenarnya ngga tahu bagaimana caranya untuk dekat sama mereka lagi. Because I have literally cut them off from my life. Gw udah hapus segala nomor hape, kontak fb, bb, atau apapunlah yang menjadi media komunikasi antara gw dan mereka. Bahkan kalo perlu temen-temennya mereka juga gw jauhin. Tapi kalo ternyata temennya mereka temen gw juga, ya gw sama sekali ngga mau denger tentang mereka pas ketemu. Emang sih kedengarannya kek berlebihan banget ya? Gw sebenarnya merasa bersalah juga. Tapi itu penting juga sih, soalnya kalo udah yang namanya 'Gosip' itu bahaya banget. Kalo misalkan gw malah mencibir soal mereka pas temen gw ngomongin mereka, eh temen gw nanti nyebar gosip macem-macem soal apa yang gw omongin, dan sampailah ke kuping mereka, ujung-ujungnya jadi berantem lagi (capek..deh.. level 1000!!! >>>> hooh dah gw ngaku ini pernah kejadian juga hahaha).

Fiuh... yang terjadi terjadilah. Yang penting gw berdoa aja ama Tuhan untuk yang terbaik. Kalo ternyata takdir mempertemukan gw dengan mereka lagi, gw mungkin akan mencoba untuk mengulang kembali pertemanan kami dari awal dan melupakan yang sudah-sudah sama sekali. Gw berserah sama kehendak Tuhan. Karena kalo memang yang dikhotbahkan pada hari ini adalah teguran dari Dia, sudah pasti ada maksud tersembunyi ke depan yang akan terjadi buat gw.

I'm just hoping for the best. Wish me luck, guys!


4 Comments

  1. Gw juga sebenarnya ngga tahu bagaimana caranya untuk dekat sama mereka lagi

    wahh.. gua beberapa waktu ini lagi mengalami hal serupa. karena pernah ada 'jarak' di antara gua dan nih orang, 'jarak' yang ada makin menganga lebar and jadi bingung gimana cara memangkasnya dan untuk kembali mendekat pun sebenernya ada keengganan dari pihak gua :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahahha sama dong kita. High Five!!! Ya udahlah pasrah wae. Habisnya mau diapain lagi *sigh*

      Delete
  2. halo, salam kenal :)

    gua juga sering ngerasa kayak lagi ditegur ama pendeta pas dia lagi kotbah, terutama ketika sedang bergumul dan seakan bertanya "ini Tuhan mau ngapain sih?" "koq hidup kita jadi gini sih" hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ternyata banyak yah yang suka ngerasa gitu. Ato kitanya yang sensitif ya? hahahha

      Delete

Don't be shy. Just say anything you want, but please don't spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...