Baru-baru aja ini gw baca selebaran tentang lomba menulis cerpen dari salah satu publisher. Gw tertarik untuk ikutan walau hadiahnya ngga seberapa karena adalah suatu kebanggan kalo karya kita diakui dan dicetak di sebuah buku. Gw pelototin semua syarat-syaratnya dan di antaranya ada beberapa prasyarat yang buat semangat gw merosot. Pertama, ceritanya harus diambil dari kisah nyata, dan Kedua, temanya adalah kesetiaan---satu hal yang agak sulit ditemukan di zaman sekarang ini. Dan kalaupun ada, agak sulit nemuin faktor 'dramatis' di dalamnya.

Walalupun begitu, ngga tau kenapa bayangan bokap dan nyokap gw muncul di benak gw. Mereka berdua punya kisah yang sangat tidak biasa. Anehnya, mereka berdua ngga pernah gembar-gembor soal kisah mereka saat muda. Dari kecil, setiap gw nanya bagaimana mereka berdua bertemu dan menikah, si papa langsung ketawa-ketiwi dan mami ane langsung cubitin bokap ane, nyuruh dia tutup mulut. Dan hal ini selaluuuuuu aja terjadi hingga sampai detik ini gw ngga pernah dengar soal kisah cinta mereka dari mulut mereka.

Tapi, gw sedikit-sedikit dapat bocoran dari saudara-saudara mereka (terutama kakaknya bokap gw), dan sebagian besar gw korek dari teman sekolah mereka berdua yang secara ngga sengaja ketemu di sebuah gereja (gw diajak ke rumah mereka dan mereka cerita banyak soal orangtua gw waktu zaman sekolah). Beneran deh gw rada kaget banget denger kisah mereka. Kenapa sih ortu gw kaga pernah cerita soal kisah sebesar itu?



Jadi, bokap nyokap gw itu pertama kali ketemu di sekolah SMA. Mereka teman satu kelas, tapi menurut teman sekolah mereka, bokap dan nyokap gw jarang banget ngobrol. Malah nyaris ngga pernah sama sekali karena nyokap gw benci banget ama bokap gw (lebih tepatnya meremehkan bokap gw gituh). Nyokap itu bisa dibilang ratu kutu buku sekolah. Emang sih gw sering denger omelan nyokap kalo nemuin nilai raport gw yang jelek waktu sekolah yang bilang, "Mami ngga pernah yah kayak kamu bego begini. Dulu waktu mami sekolah, mami selalu dapat ranking 5 besar!"

Karena saking seringnya beliau bilang gitu, gw kira si nyokap cuman hiperbol aja alias melebih-lebihkan, tapi begitu gw ketemu teman sekolahnya, gw heran temannya selalu puji-puji nyokap gw dan terus-terusan bilang, "Mamimu itu pintar banget!" Ada kali yah tiap 5 menit temannya bilang begitu. Dan kalau dibandingkan dengan bokap.....mari mengheningkan cipta dulu hahahaha.

Kata teman sekolahnya, bokap gw itu anak paling bandel di sekolah ya iyalah, wong dia preman di pasar gituh. Dia sering bolos sekolah, nilai jeblok semua, sering kena skors pula. Gw ngga tahu yah bokap gw sebandel apa dulu, tapi katanya sih dia dan adek-adeknya terkenal bandel di kota mereka tinggal. Cuman untungnya bokap gw mulai tobat dan kemudian menata hidupnya sejak kakaknya meninggal muda saat itu, sedangkan adeknya masih bandel hingga hasilnya sampai sekarang ini...kalau misalkan ane ketemu penjahat yang mau celakain ane di kota mereka, ane tinggal ngomong marga ane siapa dan ane pun selamat sentosa karena most underground people di sana ketakutan sama adek bokap ane.

I gotta tell you one thing about my mom...she is kinda snobby (maybe because she's smart and she comes from upper-class family). And I could totally imagine that the snobby part of her is even worse in her young age, especially against my dad who was...ah, you know. I mean my sister got that trait of her and I'm as her sister been wanted to slap her sometimes. Apalagi bokap ane, wew... Gw denger-denger sih nyokap gw bener-bener ngga suka sama bokap dan bokap cuman bisa ngata-ngatain nyokap gituh.

Setelah lulus dari SMA, nyokap kuliah di Jakarta dan bokap kuliah di Bandung (tadinya dia sempet ngga mau kuliah, tapi dipaksa sama kakaknya yang tak lama kemudian meninggal karena leukimia). Bokap gw ngejalanin kehidupan yang sulit di Bandung, apalagi semenjak kakaknya meninggal, keluarganya jatuh bangkrut karena telah menjual segala yang ada demi kesembuhan kakaknya (mereka sampe pergi ke Cina untuk dapatin obat).

Cerita bokap saat itu sedih juga sih karena bokap gw bisa sampe ngga makan berhari-hari. Dia kadang makan sekali dalam 3 hari, atau cuman bertahan dengan satu buah kerupuk dengan kecap tiap hari. Dia pernah juga tinggal di jalanan, atau nipu ibu kos-kosan biar bisa tidur di bawah atap yang hangat (Bandung zaman dulu dingin banget bok kalo malam, apalagi pas hujan). Bokap juga sempat kerja jadi supir angkot untuk bertahan hidup, tapi tetap aja dia terancam ngga bisa tamat kuliah karena kekurangan biaya, dsb. Dia selalu bilang seluruh hidupnya diberkati oleh Tuhan. Dari keadaan yang seperti itu, dia bisa hidup nyaman seperti sekarang, semuanya karena Tuhan.

Setelah lulus kuliah pun ngga serta-merta bokap langsung diterima kerja di perkantoran gituh karena rata-rata prasyarat employer adalah aktif berbahasa inggris dan bokap sama sekali NOL BESAR soal itu. Pas lagi getol-getolnya cari kerja di Jakarta, dia ngga sengaja ketemu nyokap di sana (sayangnya gw ngga dapat info, mereka ketemunya di mana). Selanjutnya, inilah 'bagian' di mana nyokap selalu cubitin bokap setiap gw tanya bagaimana mereka bisa menikah hahaha. Sepertinya sih di saat mereka ketemu di Jakarta, si nyokap yang dulunya sangat membenci dan meremehkan si bokap malah naksir sama bokap, padahal bokap sendiri lagi ngga musingin soal cewek karena di pikiran dia cuman pengen dapat kerja secepatnya.

Bokap gw juga ngerasa ngga sulit bisa dapetin cewek. Denger-denger sih bokap gw punya banyak fans. Bokap gw pernah bilang kalo temen dekat nyokap pernah pdkt dan kemudian jelek-jelekkin nyokap ke dia (haha ternyata mother-daughter punya masalah yang sama. Temen gw juga banyak yang badmouthing gw ke ex gw dulu hihihi). Sedangkan nyokap tuh orang yang bener-bener polos yang ngga tahu apa-apa soal pacaran. Ada sih beberapa cowo yang mau serius ama dia, tapi motifnya aneh-aneh. Singkat kata, si nyokap belum pernah pacaran sekalipun.

Pada saat nyokap ketemu bokap di Jakarta, dia sudah mendapatkan pekerjaan yang mapan dan sukses, sedangkan bokap masih pengangguran dan bertempat tinggal di Bandung. Nyokap saat itu selalu cari-cari alasan biar bisa pergi ke Bandung tiap minggu (dan untuk ketemu bokap tentunya hahaha...Man, I can't imagine such a snobby person like mom would degrading herself and pursue hardly to get a man like my dad. I mean it must have hurt her pride big time). Kakak bokap gw cerita kalo di saat itu bokap gw dekat dengan beberapa wanita. Setelah pdkt dan mengenal lebih dalam dengan wanita-wanita itu, si bokap akhirnya memutuskan untuk memilih di antara 2 wanita yang bisa dipertimbangkan sebagai 'istri'.

Proses memilih ini agak panjang dan sulit karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bokap gw bener-bener sangat memperhitungkannya sampe ke detil-detil loh. Ditambah lagi, dia ngomongin dan memutuskan siapa yang akhirnya dia pilih bersama kakaknya sendiri (oops, I guess my mom didn't know about this). Kakak bokap gw alias bibi gw bikin list soal kelebihan dan kekurangan kedua wanita pilihan bokap gw. Dua-duanya berasal dari upper-class family yang masih punya cara pandang yang kuno, dan sebagainya yang menyebalkan, walau emang sih wanita yang satu lagi kelewat tajir banget, yang hartanya ngga habis dipake buat 7 turunan sekalipun. Kata bibi gw, wanita yang satu lagi itu adalah anak tunggal, jauh berbeda dengan nyokap yang adalah anak ke-6 dari 7 bersaudara yang mengajarkan dia untuk hidup mandiri tanpa mengandalkan siapa pun.

Bibi gw takutnya kalo bokap ane merit dengan wanita satu lagi, maka seumur hidup bokap akan didikte oleh keluarga istrinya karena mereka merasa mereka lah yang menunjang kehidupan pernikahan anaknya hanya karena mereka punya materi yang berlebih. Sedangkan, kelebihan nyokap gw adalah dia itu orang yang organized, tau manner and ethic, mandiri, dan kemudian dia punya satu hal yang bisa jadi kelebihan sekaligus kekurangan, yaitu dia orang yang sangat keras, keras terhadap dirinya sendiri, dan keras terhadap orang di sekitarnya. Bibi gw udah memperingatkan bokap soal sifat keras nyokap yang melebihi kulit badak, tapi karena ini jugalah akhirnya bokap memilih nyokap.

Walau pada akhirnya bokap sudah memilih nyokap sebagai pendamping hidupnya, ternyata ada halangan lainnya. Gw ceritain di post berikutnya aja karena ini udah kepanjangan dan gw mau tidur hehehe.





8 Comments

  1. walaupun banyak perbedaan dan halangan, kalo jodoh emang pasti ada aja jalannya... :D

    ReplyDelete
  2. iyah setuju kaya arman, jodoh itu bukan kebetulan, tapi emang udah ada jalannya

    ReplyDelete
  3. jadi penasaran sama ceritanya kelanjutannya. hohohooo..

    ReplyDelete
  4. lanjutannya jangan lama-lama ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada kok lanjutannya hehehe. maap kalo lama. belakangan ini emang agak sibuk.

      Delete
  5. wahh wahh.. jadi penasaran, apa yang bikin Mama kamu jatuh cinta ke Papa kamu yaa? hihihi.. pernah denger sih, hati2 kalau sebel ama seseorang dengan sepenuh hati, karena bisa jadi suatu hari nanti malah 'berjodoh' dengannya, hahaha :))

    ReplyDelete
  6. penasaran, seru-seru-seru...!!! Inez, lanjutannya mana? cepetan kasih tauuuuuk! Gua tabok lo!

    ReplyDelete

Don't be shy. Just say anything you want, but please don't spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...