Pengen deh sesekali review buku kesayangan Freya. Well, this book is definitely my ten best books ever. Cuman heran aja buku ini rada tenggelam ditelan bumi, padahal bagus loh. Coba di-cek isi ceritanya.

Dalam pernikahannya yang sudah berlangsung selama 25 tahun, pasangan McCloud tak juga dikaruniai anak. Betty dan Joe McCloud tak pernah memusingi hal itu. Menurut Betty, sudah cukup baginya untuk tetap hidup normal seperti biasa sebagai petani sederhana dan jujur. Namun, takdir menentukan lain. Betty kemudian mendapati dirinya hamil di usia yang tak muda lagi. Tentu saja Betty panik karena hal tersebut tidaklah normal, sesuatu yang paling dibenci Betty. Kontan saja ketika Betty melahirkan bayi perempuan, hal tersebut menjadi berita menghebohkan yang tersebar sampai ke tempat pelosok-pelosok terpencil. Banyak orang yang berpendapat bahwa hal itu memanglah tidak normal. Mereka bahkan mengatakan ramalan-ramalan keji bahwa anak itu akan tumbuh aneh dalam keadaan seperti itu.

Betty yang sudah terpojokkan semakin panik ketika melihat bayinya yang bernama Piper itu tiba-tiba mengapung di udara. Sejak itu, Betty memutuskan untuk mengurung Piper di dalam rumahnya seumur hidup. Dia bahkan tidak mengijinkan Piper bergaul dengan teman-teman sebayanya. Piper yang kesepian mulai membujuk orangtuanya untuk mengijinkannya mengikuti piknik yang biasa diadakan pada empat juli (hari kemerdekaan USA). Awalnya, Betty dan Joe tidak mengijinkannya, tetapi mereka sungguh tak tega melihat wajah muram anak semata wayangnya terus-menerus. Betty pun kemudian mengijinkan Piper dan membuatnya berjanji untuk tetap menjejakkan kakinya dalam-dalam di atas tanah.



Tak dapat dihindarkan lagi, Piper yang ingin membuat teman-teman barunya terkesan akan dirinya malah tak sengaja membuat dirinya terbang di angkasa yang kemudian menjadikan dirinya sebagai bahan perbincangan paling heboh di Lowland County. Berita tentangnya semakin gencar ketika reporter-reporter televisi datang mengerumuni rumah. Betty dan Joe tidak punya pilihan lagi ketika satu badan pemerintahan yang bernama INSANE datang menemui McCloud dan berusaha menjemput Piper ke tempat yang lebih baik.

Piper menyukai tempat tinggal barunya karena ia akhirnya bisa pergi sekolah dan mempunyai teman-teman baru. Tak pelak masalah pun muncul ketika sang ketua di kelasnya, Conrad Harrington memusuhinya tanpa sebab. Sebenarnya, kenapa Conrad begitu sangat membencinya di pertemuan pertama mereka? Piper tak habis pikir. Masalah semakin membesar ketika ia tahu alasan yang sebenarnya dan hal itu malah menuntunnya kepada kebusukan badan INSANE yang sudah menyiksa beratus-ratus makhluk hidup. Ada apa dengan INSANE sebenarnya? Dapatkah Piper memecahkan teka-teki yang ada?

Gw suka banget sama novel ini. Jangan terkecoh sama sampulnya yang kekanak-kanakkan karena menurut gw, isinya ngga cuman untuk diperuntukkan anak-anak aja. Soalnya, isi buku ini juga menyertakan masalah psikologis yang rada njelimet untuk anak-anak. Gw yakin bahkan anak-anak aja juga ngga ngerti isi bukunya hahaha. Gw sangat menyayangkan gambar sampulnya yang membuat orang-orang pada umumnya berpikiran bahwa novel ini hanya untuk anak-anak saja.

Perkembangan plot-nya juga menarik dan tidak monoton. Buat gw, unsur utama suatu novel atau film yang menarik itu harus selalu ada twist yang tidak terduga. And guess what, buku ini punya unsur itu yang tentu aja buat gw TJINTAAAAA ama buku ini. Sayang banget buku ini ngga ada lanjutannya, padahal ceritanya masih bisa dikembangin, terutama soal si Conrad (eits ketahuan deh saya cinta dia hehe)

POIN UNTUK BUKU INI:
~ Perkembangan karakter  :  9,5  (Gw suka karakter teman-teman Piper di INSANE, terutama Conrad)
~ Plot Cerita :  8,0  (Gw suka ceritanya yang ngga maksa banget kek novel-novel sekarang ini dimana semuanya stereotype kasih cerita soal cintalah, soal vampir atau werewolf lah sori kalo gw senewen sama beberapa novel tertentu :p)
~ Gaya Menulis : 7,0 (Yaah, jangan dibandingin sama gaya nulis JK. Rowling di Harry Potter yak. Jauuuuuh. Tapi gw salah juga yak nyebut-nyebut JK. Rowling hahaha. Dia mah emang MASTER banget. Penulis buku ini sebenarnya ngga jelek juga sih...yah standarlah, tapi gw menyayangkan detil-detil yang kurang deskripsi yang lebih cantik~ah but don't mind me deh karena gw ini emang not easy to be pleased soal menulis hahaha.



5 Comments

  1. Buku terbitan atria emang banyak yang bagus2 yaa.. and gua senang karena mereka banyak menerbitkan buku cerita anak :))

    Udah baca a single shard belon? Itu juga baguss ;)

    *tergoda pengen beli si piper ini* :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli ajah *winks* dijamin ngga nyesel. makanya ane bela-belain jual buku yang baru hahaha karena buku ini bagus dan layak dikoleksi :D

      Delete
  2. yang begini ini tipe saya nih..
    Semacam novel2 eva ibbotson gitu kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah sudah kuduga. Penggemar harry potter mah pasti emang suka genre beginian hehehe. Tapi ane gatau siapa itu eva ibbotson hehehe

      Delete
  3. bener banget, covernya kek buku anak2, kalo gue liat di toko buku, bakalan gue lewatin tuh. hohoho..

    ReplyDelete

Don't be shy. Just say anything you want, but please don't spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...