Belakangan ini gw lagi kesengsem sama buku yang baru-baru ini gw baca. Judulnya 'Danur' karangan Risa Saraswati. Bukunya bercerita tentang kisah nyatanya sendiri yang sejak kecil sudah sering bertemu dengan makhluk halus dari dunia lain dan akhirnya berteman dekat dengan 4 hantu cilik.

Setelah baca buku itu, ada 2 hal yang muncul di kepala gw. Pertama, friends with ghosts? Blah, man, that is so wrong (hal ini akan gw omongin di lain waktu). Yang kedua adalah gw jadi teringat soal teman gw yang juga punya sixth sense kayak Risa, si penulis buku Danur.

Sebut aja namanya Nina (nama disamarkan haha). Dia adalah senior di kampus gw yang kemudian jadi teman dekat gw. Gw sering banget ke kosnya kalo lagi suntuk atau sekedar kepengen tidur bareng karena gw takut tidur sendirian di kos. Setelah kami berteman lama, dia akhirnya ngaku kalo dia punya sixth sense. Coba bayangin deh gimana perasaan kamu kalo kamu dibilangin kek macam ini:

Nina:  Frey, kamu tau ngga kalo kamu selama ini ada yang ngikutin?
Gw:  Hah? Ngikutin gimana? (mulai merinding)

Anjrit, siapa coba yang ngikutin ane. Perasaan gw waktu itu gw rajin kok ke gereja walau gw ngga relijius banget. Tapi kok gw masih bisa diikutin setan ya? Pokoknya gw udah serem duluan dengernya.



Nina:  Tapi kayaknya dia leluhur kamu. Mungkin Kakek kamu. Soalnya dia mirip kamu.

Mampus deh, gw pikir. Gw sebenarnya kurang senang sama Opung gw. Gw ada kenangan buruk yang ngga akan pernah gw ceritain ke orang lain soal dia. Tapi kalo gw pikir-pikir, gw kan' ngga gitu mirip sama Opung gw. Banyak yang bilang gw ini mirip Opung boru atau nenek gw dari pihak bokap.

Nina:  Frey, Kakek kamu itu kayaknya dulu punya ilmu putih gitu ya? Dia itu dulu pejuang yang ngelawan Belanda zaman dulu ya?

Nah, dari omongan itu, gw jadi tahu siapa yang diomongin si Nina. Dan untung banget itu bukan Kakek gw. Fiuh. Gw cerita deh kalo gw punya kakek buyut alias bokapnya nenek gw yang dulu jadi tetua yang dihormati banget di kampung kami. Namanya pun ada embel-embel Raja, tapi gw lupa namanya siapa. Dia hampir sejenis kayak Sisingamaraja, tapi nama kakek buyut gw ngga seterkenal Sisingamaraja karena mungkin alasannya kakek buyut cuman aktif di daerah kampung kami yang lumayan terpencil. Gw kaget teman gw bisa cerita sedemikian rupa bagaimana aja perjuangan kakek buyut gw ngelawan penjajah Belanda, padahal informasi yang gw dapat dari keluarga sendiri mengenai dia minim banget (soalnya bokap nyokap ngga percaya yang begituan. Mereka aja ngga pernah cerita soal buyut ane). Yang gw tahu cuman dia punya ilmu dan segala peninggalannya itu angker. Oh ya, dia juga pernah mengutuk keturunannya yang akhirnya beneran kejadian.

Gw coba ngetes soal kemampuan temen gw. Gw tanya sama dia kayak gimana tampang buyut gw. Gw pernah denger saudara jauh gw bilang kalo buyut ane itu 100% mirip banget sama bokap gw. Kayak pinang dibelah dua. Gw kaget jawaban temen gw persis kayak gambaran fisik bokap gw. Gw kasih tunjuk foto bokap di hp sama dia. Dia juga kaget ngeliat bokap gw yang sama persis kayak buyut gw. Cuman kata dia, bokap ane wajahnya lebih bersahabat karena dia sering tertawa. Tapi, buyut ane tampangnya kaku dan menyeramkan kayak ngga pernah senyum seribu tahun.

Gw akhirnya penasaran dan tanya ke teman gw kenapa si buyut ngikutin gw? Buyut gw punya banyak istri, banyak anak, banyak cucu, banyak cicit, tapi kenapa gw? Nenek gw aja adalah anaknya yang kesekian dari istri yang kesekian. Gw akhirnya ngomong soal cerita-cerita menyeramkan si buyut yang gw denger dari para sepupu. Salah satunya adalah mengenai cara meninggal si buyut yang agak aneh karena meskipun badannya sudah bau serta membusuk di umurnya yang sudah sangat terlalu tua untuk seorang manusia, tapi entah kenapa dia tetap saja tidak bisa meninggal.

Dia seperti mayat hidup yang mengerikan. Keluarganya kemudian membawa dia ke tokoh agama yang juga mendalami ilmu di luar nalar. Si buyut diharuskan melakukan berbagai ritual termasuk memeluk agama dan pada akhirnya setelah sebulan lebih, dia bisa meninggal dengan susah payah. Menurut sepupu gw, seluruh peninggalan si buyut itu angker semua, terutama tongkatnya. Suatu hari cicit-cicitnya iseng memainkan tongkatnya dan mereka malah kerasukan setan dan kejang-kejang.

Setelah nyaris seperempat abad semenjak kematian si buyut, paman gw atau adik kandung bokap gw sering mimpi soal si buyut yang meminta agar kuburannya diperbaiki dan dirawat. Katanya sih sempet juga si paman kek kerasukan gitu. Dia bilang kalo kuburannya tidak diperbaiki, semua keturunannya akan mati satu per satu. Nenek gw yang sangat ketakutan meminta seluruh keluarga besarnya untuk mengabulkan permintaan buyut gw, tapi semua orang malah menganggap nenek gw gila karena memang sih semuanya terdengar tidak masuk akal. Ditambah lagi status nenek gw di keluarga besarnya yang cuman anak perempuan dari istri kesekian (katanya sih dari istri ke-8), wajar kalo nenek gw dianggap remeh.

Ternyata, kutukan si buyut beneran kejadian. Satu per satu keturunannya mati mengenaskan. 3 orang mati kesambar petir (kalo cuman satu orang saja mungkin kita tidak berani berpikir macam-macam dan menganggap semua sudah suratan takdir, tapi kalo udah sampe 3 orang dalam satu keluarga mati kesambar petir, itu udah jelas-jelas adalah sesuatu yang aneh) Kemudian, ada beberapa korban lainnya yang mati dalam kecelakaan yang...sungguh sangat tidak wajar (susah euy jelasinnya secara tulisan). Korban terakhir adalah adik kandung bokap gw sendiri dimana ada gw di sana.

Jadi waktu itu, gw kelas 4 SD dan hendak pulang kampung dari Jakarta ke kampung kami di Sumatra Utara dengan mobil. Tidak ada angin tidak ada hujan, tiba-tiba saja mobil kami terbalik. Yang lebih anehnya lagi, kami semua tidak ada yang mengalami luka serius. Paling hanya 1-2 orang yang hanya mengalami sedikit luka memar dan sisanya tidak ada luka sama sekali. Tapi anehnya, paman gw bisa meninggal secara misterius dengan luka-luka di sekitar kepala yang sama sekali tidak konsisten dengan alasan kenapa dia bisa meninggal. Karena kejadian itu, kabarnya bokap gw menghadap keluarga besar dan meminta agar perbaikan kuburan segera dilakukan agar tidak ada lagi korban-korban yang berjatuhan. Dan benar saja, setelah kuburannya diperbaiki, tidak ada kecelakaan naas yang terjadi lagi di keluarga kami.

Nah, oleh karena itu gw penasaran, kenapa gw yang diikutin? Kata temen gw sih katanya si buyut lagi cari orang yang bisa mewarisi ilmunya dan sekalian menjaga gw. Dia kadang-kadang ngikutin gw, kadang-kadang dia ngikutin keturunannya yang lain juga. Tapi yang lebih sering, dia ngikutin gw. Katanya gw punya bakat untuk jadi pewaris ilmunya kalo gw mau. And I said, NO WAY. Gw ngga mau sesuatu apapun yang datangnya bukan dari Tuhan. Thank you very much, I'm flattered with the offer, but NO.


2 Comments

  1. kadang2 yang beginian sih percaya ga percaya yah, klo kejadian jadinya percaya, klo enggak ada kejadian jadi na ga percaya :)

    ReplyDelete
  2. iyah percaya ga percaya, hal itu ada

    ReplyDelete

Don't be shy. Just say anything you want, but please don't spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...